Jumat, 12 Mei 2017

KOMUNITAS STAND UP COMEDY UNIVERSITAS RIAU

Stand up comedy? Apasih itu? Mungkin dari teman-teman semua masih bertanya-tanya apasih stand up comedy itu. Mungkin yang tergambar di benak anda semua bahwa itu hanya lucu-lucuan saja karena di dalam kalimat itu ada kata “Comedy” nya. Bukan. Stand up comedy bukan hanya lucu-lucuan saja. Mungkin secara singkatnya saya akan bilang bahwa Stand Up Comedy merupakan komedi tunggal yang dibawakan oleh seseorang diatas panggung dengan materi komedi yang ditulisnya sendiri kemudian di dalam materi tersebut diselipkan dengan sebuah opininya dan opini tersebut lucu dan bisa diterima oleh penonton. Hal yang paling terpenting dalam Stand Up Comedy adalah originalitas. Yaitu para komika (Sebutan untuk para pelaku stand up comedy) harus menulis jokes nya sendiri dan dilarang keras untuk meniru atau menjiplak jokes komika lain.
Nah, pada tulisan ini saya akan mengulas sedikit tentang komunitas
Stand Up Comedy yang ada di Universitas Riau dan kebetulan saya juga merupakan bagian dari komunitas ini. Saat itu saya dapat kesempatan untuk berbincang-bincang sedikit dengan salah satu pengurus Komunitas Stand Up Comedy Universitas Riau, yaitu Jopri Sandi Sinaga. Dari perbincangan tersebut saya dapat menangkap beberapa point tentang komunitas ini.

Komunitas Stand Up UR (begitu singkatnya), berdiri pada tanggal 22 Mei 2015 dan berarti sudah kurang lebih 2 tahun berdiri. komunitas ini berdiri dari inisiatif para mahasiswa Universitas Riau yang menyukai seni hiburan yang satu ini, yaitu Stand Up Comedy. Komunitas ini dibentuk sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan juga untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana Stand Up Comedy itu

Mungkin teman-teman bertanya, "terus rutinitas di komunitas itu apa sih?" Nah, jadi rutinitas di komunitas ini selain openmic yaitu sharecom. Sharecom ini singkatan dari Sharing Comedy, kegiatan ini yaitu para anggota berkumpul lalu sharing atau saling memberi saran tentang bagaimana tampil dipanggung agar tidak grogi, bagaimana untuk menulis materi atau jokes yang lucu. Sharecom ini gak cuma antar sesama warga UR saja, tapi juga berumpul dengan komunitas Stand Up UIN, Stand Up UIR, dan tentunya Stand Up Comedy Pekanbaru.

Kegiatannya gak cuma itu kok, komunitas ini juga punya beberapa event besar yang sudah pernah diadakan, diantaranya : Gelak Tawa Academy (GTA) yaitu Kompetisi Stand Up Comedy se-Universitas Riau, Show Stand Up Comedy yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan dengan mengundang komika Nasional, lalu juga pernah mengadakan Openmic Charity, yaitu untuk penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Pidie Jaya (Aceh) di tahun 2016.
Kegiatan Openmic yang dipandu oleh MC dari komunitas

Saya Mencoba Openmic Malam Itu
Terus, untungnya join komunitas ini apa sih? Yang pertama, untungnya kita join atau gabung komunitas Stand Up ini kita bakal jumpa sama orang-orang yang lucu, karena komunitas ini bersifat hiburan. Jadi kalian gak bakal lagi ada yang namanya beban. Terus juga, kita bisa terlatih untuk ngomong di depan banyak orang. “Kalau ngomong becanda di depan orang rame aja bisa, apalagi ngomong serius” ya gak? Dan kebetulan, juga bisa nambah uang jajan dari sini dan alhamdulillah saya udah ngerasain. Dan tentunya makin banyak yang kenal. Tapi yang terpenting dari itu semua adalah, inti dari Stand Up Comedy ini adalah menghibur banyak orang. Bukan sebagai ajang gaya-gayaan atau cuma sekedar pamer-pameran agar banyak dikenal orang.

So? Tunggu apalagi buat teman-teman yang tertarik dengan stand up comedy dan kebetulan sebagai warga Universitas Riau. Tunggu apalagi? Yuk mari join. Karena komunitas ini gak cuma untuk kalangan mahasiswa, tapi juga terbuka untuk seluruh warga yanga ada di Universitas Riau. Boleh Dosen, penjaga kantin, security, dll. Dan bagi kamu-kamu yang ingin join tapi bukan warga UR, gak masalah kamu juga bisa join kok. Tapi gak disini, tapi di Stand Up Indo Pekanbaru. Caranya gimana sih? Tetep pantengin akun Instagram komunitas yaitu : @Standup_ur @Standupindo_pku Disitu bakal banyak info dari openmic, sharecom dan event yang bakal diadain dari komunitas tentunya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar